Halo Palcomster. Semoga kabarnya selalu luar biasa. Pada tutorial kali Ini kita akan belajar bagaimana membuat efek foto bokeh yang keren dengan menggunakan Adobe Photoshop CS6. Bagaimana Langkah-langkahnya? Yuk kita simak!

1. Pertama siapkan terlebih dahulu bahan foto yang akan di-edit, kemudian masukkan ke dalam Photoshop dengan cara klik File -> Open, emudian pilih foto.

2. Di sini terdapat 2 file foto yang nantinya akan kita edit yaitu file foto Maudy Ayunda dan file foto untuk memberi efek bokeh.

3. Langkah berikutnya pindahkan foto bokeh ke atas foto model dengan menggunakan Move Tool.

4. Atur ukuran bokeh sehingga menutupi seluruh bagian dengan menekan tombol Ctrl + T ( sambil menekan shift) kemudian tekan Enter.

5. Klik layer bokeh. Pada bagian layer ubah blending mode dari normal menjadi screen tujuannya adalah agar menyatu dengan gambar yang berada di bawahnya.

6. Sehingga tampilan berubah seperti berikut.

7. Selanjutnya klik Add layer mask yang berada pada panel layer kemudian pilih Brush tool, ini digunakan untuk menghapus bokeh pada bagian wajah dan pastikan warna Foreground berwarna hitam.

8. Setelah kita atur layer mask, kemudian sapukan Brush tool. Hapus bokeh pada bagian wajah hingga hasilnya menjadi seperti ini.

9. Langkah berikutnya tambahkan layer baru. Klik Create a new layer pada panel layer kemudian pilih Brush tool dan pilih jenis brush yang soft. Di sini kita pilih yang nomor satu.

10. Atur Foreground berwarna hitam pada Option bar turunkan Opacity menjadi 23 % dan Flow 54% agar warna menjadi lebih soft.

11. Sapukan Brush dengan warna hitam pada sisi foto agar efek bokeh jadi lebih terlihat.

12. Langkah terakhir klik layer foto model pada menu Filter, pilih Blur dan pilih Tilt-shift fungsinya untuk memberikan sentuhan efek blur pada foto.

13. Atur sedemikian rupa hingga menghasilkan efek blur yang diinginkan kemudian selesai klik OK.

14. Berikut hasil foto yang telah berhasil kita edit.

Itulah tadi tutorial cara membuat efek bokeh yang keren menggunakan Adobe Photoshop. Semoga tutorial ini bermanfaat untuk teman-teman semua. Bagi teman-teman yang mau kursus komputer di tempat terbaik, Klik di sini!

Leave a Reply

Your email address will not be published.