Hallo haloo PalComster!! Ketemu lagi dengan Puput Indriani disini~ Hehe.. Kangen? Nah-nah Setelah ketemu di artikel terakhir bulan kemarin sekarang Puput balik lagi dengan artikel yang baru. Nih yah kali ini Puput bakal bahas teknik-teknik dasar apa aja sih yang wajib buat kalian pelajari kalo mau mendalami animasi dari dasar. Hayoo.. Penasaran? Yuk ayuk langsung aja jarinya scroll ke bawah buat simak artikel dari Puput!

Frame by Frame

Sep! yang pertama ada Frame by Frame. Nih buat yang belum tau kalo animasi itu terdiri dari gambar-gambar diam ini saatnya kalian belajar PalComster! Jadi yep, frame by frame itu adalah teknik  yang paling dasarrr banget di animasi. Dimana dalam pengguanaannya kita membuat gambar-gambar yang berbeda pada masing-masing frame yang juga berbeda, tapi memiliki bentuk dan alur yang konsisten. Intinya kita membuat pergerakan animasi namun dengan cara merangkai gambar-gambar diam hingga seolah-olah menimbulkan ilusi gerak. Wahh harus latihan gambar yang banyak nih yah PalComster. Yuk bias yu!

Motion Shape

Shape. Haa Siapa sih yang ngga tau shape? Kayaknya hamper rata-rata aplikasi yang kita pakai itu pasti menyediakan fasilitas yag satu ini yah. Jadi, apa itu shape?  Shape adalah bentuk-bentuk bangun dasar seperti segitiga, kotak, lingkaran, bahkan garis sederhana dan bentuk-bentuk yang lain.

Nah kalo Motion shape dalam animasi apa yahhh… gini nih PalComster, Motion shape itu juga Teknik dasar pergerakan objek lohh tapi spesifiknya ini adalah tehnik khusus perubahan bentuk dari satu bentuk shape ke bentuk yang lain. Kalo Puput mah biasanya pake ini buat bikin efek transisi tiap scene animasi. Wajib banget kalian pelajari pokoknya.

Masking

Nahh buat yang juga hobi main Photoshop pastinya ngga bakal aneh lagi yah kalo denger Teknik yang satu ini. Yap! Masking. Teknik menutupi suatu objek agar tidak tampil pada area stage animasi. Kenapa yah animasi butuh Teknik yang satu ini?? Pastinya karena Teknik ini bakal keren banget buat beberapa kasus ilusi gerak yang ingin dihasilkan. Misalnya nih contoh yang paling sederhana ilusi gerak objek yang muncul bertahap dari area tengah. Atau ilusi gerak teks yang muncul satu persatu. Wahh animasi yang PalComster bikin bisa cakep banget loh kalau pakei Teknik ini~

Motion Guide

Okee Next! Ada motion guide. Simpelnya Teknik ini adalah Teknik pergerakan objek yang bergerak dengan bantuan garis (alur) bantu. Nah yang Namanya kita bikin animasi itu pasti bakal lebih keren yah PalComster kalau animasi yang kita bikin itu bergerak halus dan ngga monoton. Nah Teknik kece lainnya yang bias bikin animasi kalian kayak gitu yah ini nih, Motion Guide. Dimana kalian bias bebas membuat lintas gerak objek animasi secara kreatis dan cepet! Kita ambil contoh pergerakan animasi bola yang menggelinding dan memantul di sebuah ruangan, behh! Bentar aja sih itu bikinnya kalau kita pakai Teknik ini, ahaha..

Okehh PalComster! Itu tadi Teknik dasar dalam animasi yang puput bisa kasih hari ini. Cus!! Dicoba nanti kalau udah cakep Teknik dasarnya Puput bakal share Teknik-teknik lain yang lebih kerennn lagii. Eits tapi di artikel berikutnya yahh~

Jadi sampai disini dulu buat artikel kali ini. Buat kalian yang ingin belajar animasi bisa klik di sini!

Author : Puput Indriani (LKP PalComTech Baturaja)

Leave a Reply

Your email address will not be published.