Hai PalComSter pernah gak kepikiran kenapa keyboard kita susunannya QWERTY tapi bukan ABCDE?

Yups, keyboard dengan urutan acak ini sudah diakui sebagai keyboard standar internasional. Bahkan saat ini smartphone kita juga menggunakan keyboard QWERTY (kecuali handphone kalian masih keyboard ABC123456 ). Tapi kenapa ya? kenapa harus QWERTY? bukan ABCDE aja? kan lebih gampang diketik?

Ternyata Dahulu Keyboard Itu ABCDE

Pada jaman dahulu kala, saat pertama kali dibuat keyboard pada mesin tik, kebanyakan menggunakan susunan huruf, sesuai dengan urutan alfabet kita (ABCDE). Tetapi satu permasalahan muncul, ternyata banyak dari kata bahasa inggris yang menggunakan huruf yang terlalu berdekatan sehingga membuat tuas pada mesin tik tersebut seringkali menyangkut, ketika digunakan untuk mengetik.

Oleh karena itu pada tahun 1874, Bapak Christopher Sholes memecahkan permasalahan tersebut dengan membuat mesin tik model huruf “QWERTY”. Bapak Christopher Sholes membuat desain keyboard dengan susunan “QWERTY” untuk memisahkan pasangan huruf yang sering digunakan, agar menjadi berjauhan, sehingga mesin tik akhirnya jadi lebih efisien pada saat digunakan.

Ternyata untuk memudahkan komunikasi telegraf juga

Fakta lain tentang keyboard QWERTY menjelaskan bahwa susunan huruf pada keyboard “QWERTY” ternyata dibuat untuk mempermudah komunikasi dari telegraf yang berbentuk kode morse. Susunan huruf alfabet biasa dianggap sulit digunakan untuk menerjemahkan kode morse, sehingga akhirnya dikembangkanlah susunan keyboard “qwerty” yang terus digunakan sampai saat ini

Jadi, saat ini perhatikan baik-baik keyboard kamu! Karena dibalik urutan tersebut ternyata terdapat sejarah yang panjang didalamnya.

Terima kasih. Semoga Bermanfaat ^_^

Mau kursus komputer di tempat terbaik di Palembang? Klik di sini!

Leave a Reply

Your email address will not be published.