STMIK Dan Politeknik PalComTech Sukses Melaksanakan PKKMB 2021 Secara Daring

We Are Ready For The New Level. Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) STMIK dan POLITEKNIK Palcomtech tahun 2021 dilakukan secara asinkronus dan sinkronus dimana kegiatan ini tetap terlaksana dengan meriah disambut dengan antusias bagi para peserta mahasiswa/mahasiswi PalComTech, semangat tinggi dan jiwa professional, serta didukung juga oleh panitia yang mengorganisir kegiatan dengan baik. Kegiatan PKKMB menjunjung tinggi nilai edukasi pendidikan dan akhlak dengan tema “Kedalaman Ilmu, Keluhuran Akhlak, Cinta Tanah Air, Berdaya Saing Global”. Dengan pelaksanaan  kegiatan PKKMB pada tahun ini diharapkan mahasiswa baru atau generasi muda PalComtech dapat menjadi agen perubahan dan penggerak untuk menghasilkan berbagai solusi untuk bangsa, serta menjadi wahana yang penting untuk mengubah paradigma mahasiswa baru dari “belajar di perguruan tinggi” menjadi “kuliah untuk belajar”. 

PKKMB 2021 dilaksanakan pada tanggal 14-16 Oktober 2021. Pelaksanaan kegiatan PKKMB pada tanggal 14-15 oktober 2021 diisi dengan pemberian matrikulasi kepada peserta PKKMB yang disampaikan oleh Tenaga Pengajar dan staf STMIK dan Politeknik PalComTech secara asinkronus.

Penyampaian Materi Matrikulasi Secara Asinkronus Oleh Dosen dan Staf STMIK dan Politeknik PalComTech

Pelaksanaan kegiatan Utama PKKMB 2021 diselenggarakan pada tanggal 16 oktober 2021. Dibuka dengan sambutan dari Ketua STMIK dan Direktur Politeknik PalComTech, Bapak Benedictus Effendi, S.T., M.T.. Beliau mengharapkan dengan PKKMB ini mahasiswa supaya bisa lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan yang baru, dari pendidikan menengah ke pendidikan tinggi utamanya masuk ke dalam lingkungan PalComTech dan selama menempuh pendidikan di PalComTech bisa berjalan baik, karena dibekali wawasan, pengetahun dan informasi.

Ada 4 hal yang bisa dicapai mahasiswa setelah PKKMB yang disampaikan oleh Bapak Benedictus Effendi, S.T., M.T. 

• Bagaiamana memahami lingkungan  yang baru.

• Meningkatkan kesadaran untuk berbangsa, bernegara dan cinta tanah air

• Memahami tentang arti penting pendidikan yg akan ditempuh

• Bisa membangun persahabatan / kekeluargaan di lingkungan kampus PalComTech

Acara berikutnya yaitu penyampaian materi dari  Bapak Nico Alexander dan Ibu Novi Bahdiani mengenai bagaimana cara memupuk rasa percaya diri terutama bagi kaum milenial. Percaya diri di kalangan remaja atau anak muda adalah salah satu hal yang paling penting dimiliki. Tanpa memiliki kepercayaan diri, seseorang dipastikan tidak akan mampu bersaing dengan lingkungannya. Kepercaayan diri mempunyai sifat jangka pendek dan jangka panjang yang timbul sejak manusia lahir. Dalam percaya diri tidak ada perbandingan serta persaingan dengan orang lain, percaya diri bukanlah berjalan ke suatu ruangan. Percaya diri bisa mencapai suatu posisi dalam hidupmu di mana tidak ada perbandingan, dimana kamu sudah terlihat baik untuk orang lain tapi ke dirimu sendiri, karena percaya diri puncaknya di 15th-70th, sehingga kamu bisa menjadi cukup baik hanya cukup merubah pola pikirmu.

Materi Memupuk Kepercayaan Diri Tinggi Bagi Kaum Milenial oleh Bapak Nico Alexander dan Ibu Novi Bahdiani

Tips percaya diri menurt Bapak Nico Alexander yaitu Kenali diri sendiri, selalu berfikir positif, berhenti membandingkan diri dengan orang lain, cari lingkungan yang sesuai, selalu berpakain yang rapi/bagus dan raih sebuah keberhasilan.

Pentingya memiliki pemahaman Wawasan Kebangsaan, Bela Negara dan Mengenal Radikalisme bagi generasi muda untuk menghadapi perkembangan dunia modrn saat ini, maka nilai pemahaman ini sangat penting ditanamkan bagi mahasiswa-mahasiswi baru, dikarenakan pemahaman ini merupakan salah satu wujud rasa cinta terhadap tanah air Indonesia. Seperti kita ketahui Pendidikan tinggi merupakan wadah yang tepat untuk memberikan pemahaman “Wawasan Kebangsaan, Bela Negara dan Mengenal Radikalisme” pada kegiatan PKKMB STMIK dan Politeknik Palcomtech mengundang Bapak Kolonel Infantri Arif Susanto, S.I.P dari kesatuan REM 044/Gapo didampingi oleh moderator dosen STMIK PalComTech bapak Fahmi Ajismanto, S.Kom.,M.Kom.

Materi Wawasan Kebangsaan, Bela Negara dan Mengenal Radikalisme oleh Bapak Kolonel Infantri Arif Susanto, S.I.P

Dengan terselengaranya kegiatan ini sebagai salah satu langkah meningkatkan rasa nasionalisme, kesadaran berbangsa dan bernegara serta nilai patriotisme pada mahasiswa-mahasiswi Palcomtech. Dengan pemahaman ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan kecintaan terhadap nilai-nilai Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) serta memupuk mental mahasiswa-mahasiswi baru untuk jujur dan sehat. Adapun poin penting harapan kepada mahasiswa yang disampaikan oleh Bapak Kolonel Infantri Arif Susanto, S.I.P:

• Mampu menjalankan peranannya sebagai mahasiswa sebagai penerus bangsa

• Tidak mudah terpancing atau terhasut oleh informasi yang belum tentu benar

• Jaga martabat sesama mahasiswa dan cinta almamater

• Jangan suka mengeluh, tetapi cari solusi agar tecapai sesuai yang dicita-citakan.

• Pandai berkomunikasi berkoordinasi dan silaturahmi guna menjaga solidaritas dan soliditas sesama anak bangsa

• Jangan merasa dirinya paling hebat, sombong, iri dan dengki kepada siapapun

Kemudian materi yang tidak kala penting pada kegiatan PKKMB 2021  “Pencegahan dan Penanggulangan Bahaya Narkoba” dengan pembicara perwakilan dari Badan Narkotika Nasional Palembang ibu Yeni Yulita, S.K.M.dengan didamping Moderator bapak Yarza Aprizal.S.Kom.,M.Kom

Penyampaian Materi Pencegahan dan Penanggulangan Bahaya Narkoba oleh Ibu Yeni Yulita, S.K.M.

Pada perkembangan dunia modern saat ini, narkotika tidak hanya digunakan dalam bidang farmasi saja, tetapi sudah terjadi penyalahgunaan narkotika. Hal ini sering kali ditemukan pada kalangan remaja hingga masyarakat usia dewasa. Maka dari itu PalComTech menjadikan materi Penanggulangan dan Bahaya Narkoba salah satu poin wajib diketahui bagi mahasiswa-mahasiwi baru, dimana harapan dilaksanakan kegiatan ini mahasiswa-mahasiswa dapat memahami dan tidak melakukan hal yang berbahaya terhadap penyalahangunaan narkoba.

Rangkaian acara PKKMB 2021 ditutup dengan pengumuman pemenang lomba video instagram terbaik dan peserta PKKMB terbaik. Diharapkan dengan kegiatan PKKMB kali ini dapat bermanfaat bagi mahasiswa-mahasiswi baru STMIK dan Politeknik PalComTech. Sampai bertemu diacara PKKMB tahun depan.

Peserta PKKMB 2021 STMIK dan Politeknik PalComTech