Seminar “Kupas Tuntas Teknik Dalam Dunia Fotografi” bersama PalComTech Opi Mall

Seminar “Kupas Tuntas Teknik Dalam Dunia Fotografi” bersama PalComTech Opi Mall

Hallo PalComTers, dengan menurunya angka drastic korban Covid-19 dan memberikan dampak positif bagi kita semua sehingga kita bisa berkumpul dalam pelaksanaan seminar di PalComTech Opi Mall. PalComTers, mengambil foto baik dari handphone ataupun kamera selalu menjadi tradisi bagi kita untuk mengabadikan setiap kegiatan yang dilakukan. Dengan adanya teknologi, membantu kita dalam mengambil foto yang bagus, namun kurangnya pengetahuan yang baik dalam dunia fotografi terkadang tidak menghasilkan foto yang maksimal. Seminar dengan tema “ Kupas Tuntas Teknik Dalam Dunia Fotografi “ menghadirkan seorang ahli di bidang fotografi yaitu Hendhy Krisna, S.Kom. Beliau juga adalah seorang Owner di Document Support. Seminar ini di pandu oleh Dian Eva Lestari sebagai moderator. Kegiatan seminar ini dilaksanakan pada hari Kamis, 11 Agustus 2022 pukul 10.00. Pelaksanaan seminar diadakan di PalComTech Opi Mall. Kegiatan ini diikuti oleh siswa Program Professional 1 Tahun dan mahasiswa STMIK PalComTech.  Kegiatan ini bertujuan menambah wawasan dan teknik dasar dalam dunia fotografi dimana kegiatan ini untuk menunjang mereka dalam menciptakan kreatifitas sebuah karya yang berkaitan dengan editing foto dan desain grafis. Selain itu, seminar ini juga bertujuan dalam mengembangkan dan meningkatan hardskill siswa PalComTech Opi.

Fotografi berasal dari bahasa Yunani yaitu photos dan grafo yang memiliki arti melukis dengan cahaya. Fotografi adalah sebuah proses melukis dengan bantuan media cahaya atau bias dikatakan sebuah proses dalam menghasilkan sebuah gambar dengan cara melakukan perekaman dari cahaya agar dapat mengenai objek yang maksimal. Dalam dunia fotografi, prinsip dasar fotografi adalah mengeksplor cahaya dengan bantuan pembiasan cahaya melalui media yang disebut lensa. Dalam menghasilkan cahaya yang tepat dengan mengubah ISO Speed, diafragma dan shutter speed. Itu adalah komposisi yang sering disebut dengan Segitia Exposure. Fotografer di zaman modern sekarang lebih menggunakan digital ISO dibandingkan film agar menghasilkan foto yang berkualitas.

 Kak Hendhy selaku pembicara seminar memaparkan meteri satu per satu dalam teknik dasar fotografi. Materi yang dibahas dalam kegiatan seminar ini adalah pengenalan tentang teknik segitiga exposure, komposisi dalam fotografi, jenis lensa yang digunakan, jenis kamera yang bagus dalam fotografi, dan teknik dalam pengambilan foto supaya menghasilkan foto yang maksimal. Teknik dasar fotografis seperti slow speed, pengenalan IOS, dan lainnya. Sedangkan teknik pengmabilan foto juga dibahas dalam seminar tersebut seperti teknik sudut rendah, sudut tinggi, kecepatan rendah dan tingginya, dan panning dalam mendapatkan foto yang berbeda dan hasil yang maksimal. Selama berlangsungnya acara, peserta diberikan kesempatan bertanya langsung dengan pembicara mengenai topil yang dibahas sehingga terjalin komunikasi interaktif antara peserta dan pembicara dalam kegiatan seminar tersebut. Selain itu, PalComTech Opi Mall juga memberikan hadiah Doorprize untuk dibagikan kepada 3 orang pemenang bagi peserta yang bisa menjawab pertanyaan dari narasumber dan moderator.

PalComTers. Kegiatan ini diharapkan memberikan dampak positif bagi siswa dalam pengembangan ilmu siswa dan membuka wawasan yang lebih luas kepada peserta terutama dalam dunia fotografi. Alhmadulillah,pada akhirnya rangkaian berjalan lancer sesuai dengan harapan. Di sesi penutupan terakhir, peserta dan pembicara melakukan dokumentasi yaitu sesi foto bersama dan pembagian snack bagi peserta.

Adapun foto dokumentasi kegiatan seminar tersebut di bawah ini:

(Pembicara menyampaikan materi seminar)

(Pembagian doorprize kepada 3 orang pemenang bagi peserta yang sudah menjawab pertanyaan)

(Foto bersama, panitia acara, narasumber dan peserta seminar)

Wih, gimana seru kan kegiatan seminar kali ini, sampai jumpa di seminar selanjutnya,.