Wawancara sering kali menjadi salah satu bagian paling penting dalam pendidikan maupun berkarir. Wawancara adalah salah satu bagian dari public speaking yang terdiri menjadi beberapa jenis, salah satunya adalah wawancara kerja. Wawancara dalam pekerjaan kerap menjadi bagian akhir dari rangkaian proses perekrutan oleh suatu perusahaan. Tujuan utama dari wawancara ini sendiri adalah untuk mendapatkan info mendetail mengenai kandidat yang akan direkrut dalam berbagai segi, misalnya menilai kecapakan kandidat dalam menjawab pertanyaan, pandangan, pengetahuan terhadap perusahaan atau bahkan terhadap jobdesk dari posisi yang dilamarnya. Pada hal ini biasanya kandidat akan diwawancara oleh bagian dari BOD (Bord of Director) atau perwakilan dari departemen HDR (Human Resources Developent) perusahaan terkait. Dalam artikel berikut akan dibahasa mengenai hal hal yang perlu dipersiapkan maupun yang harus dihindari selama wawancara kerja berlangsung.

Pertanyaan yang sering muncul dan tips menjawabnya

1. Coba ceritakan tentang dirimu !

Tips untuk menjawab pertanyaan berikut adalah sengan menjelaskan latar belakang pendidikan, pengalaman kerja dan organisasi, prestasi yang pernah kamu raih selama studi kamu atau selama bekerja diperusahaan sebelumnya.

2. Ceritakan apa kelebihanmu !

Tips untuk menjawab pertanyaan berikut adalah dengan memberikan contoh konkrit dari pada hanya menyebutkan saja. Berikan contoh dari kelebihanmu berupa tindakan yang sudah pernah kamu lakukan dalam bekerja diperusahaan sebelumnya atau ceritakan tentang bagaimana kamu bisa berguna untuk perusahaan atau orang lain.

3. Ceritakan kelemahanmu !

Berbanding terbalik dengan pertanyaan sebelumnya, dibagian ini pun kamu tetap harus menjawab dan jangan mengatakan “saya tidak punya kekurangan pak/buk”. Namun, sebaiknya kamu menjawab dengan bagaimana cara meminimalisir atau mengatasi kekurangan yang kamu miliki.

4. Mengapa kamu tertarik dengan posisi ini ?

Untuk pertanyaan berikut, kamu bisa menjawab dengan menyebutkan ketertarikan kamu terhadap posisi yang dikaitkan dengan passion atau skill yang kamu milikki dan jangan pernah membahas masalah kekurangan dalam segi finansial sehingga kamu harus bekerja apapun posisinya.

5. Apa yang kamu ketahui mengenai perusahaan ini ?

Menjawab pertanyaan berikut tentunya memang sudah harus dipersiapkan sebelum interview. Lakukanlah reserach terkait perusahaan yang kamu tuju melalui website resmi perusahaan untuk informasi yang akurat, hal ini bertujuan untuk meminimalisir kesalahan dalam menjawab pertanyaan. Biasanya untuk tidak asal menjawab saja atau menggukan kata “mungkin”.

6. Mengapa kami harus menerima kamu untuk posisi ini ?

Tips untuk menjawab pertanyaan diatas adalah dengan menjelaskan skill professional yang kamu miliki serta kualitas dirimu.

7. Apakah rencana yang kamu milikki dalam 5 tahun mendatang ?

Jawablah pertanyaan berikut dengan membuat rencana yang terkait perusahaan dimana kamu bekerja serta apa tujuan yang ingin kamu raih diperusahaan tersebut yang disesuaikan dengan penawaran yang mungkin ditawarkan dari pihak perusahaan itu sendiri secara detil.

8. Kontribusi apa yang bisa kamu berikan untuk perusahaan ini ?

Kamu bisa menjawab pertanyaan ini dengan menceritakan pencapaian yang sudah kamu raih diperusahaan sebelumnya dan bagaimana cara kamu mencapainya serta buatlah kaitanya dengan posisi yang kamu lamar saat ini.

9. Mengapa kamu resign dari perusahaan sebelumnya ?

Hindari menjawab pertanyaan berikut dengan menjelek – jelekkan perusahaan sebelumnya dan jawab secara professional tanpa ragu.

10. Bagaimana kamu menghadapi stress dan tekanan dalam bekerja ?

Jawablah pertanyaan berikut dengan jujur. Kamu bisa menceritakan dalam bentuk tindakan yang kamu telah lakukan untuk manajemen stres dalam berkeja.

11. Berapa gaji yang kamu harapkan ?

Sebelum menjawab pertanyaan ini, hendaknya kamu sudah melakukan observasi terlebih dahulu mengenai kisaran gajih untuk posisi yang kamu lamar. Setelahnya kamu bisa memberikan jawab pada kisaran nominal gajih yang telah ada.

12. Kapan kamu bisa mulai bekerja diperusahaan ini ?

Menjawab pertanyaan berikut hendaknya disesuaikan dengan kondisi kamu saat ini, jika kamu masih berkerja dan dalam proses resign maka kamu bisa mengajukan masa tenggang sekitar 1-1,5 bulan untuk proses pengunduran dirimu dari perusahaan sebelumnya.

13. Apakah kamu melamar perkejaan selain diperusahaan ini ?

Pertanyaan berikut bisa dijawab dengan jujur tanpa harus terlalu detail dan tidak menyebutkan nama perusahaan serta posisi yang kamu lamar.

14. Lingkuangan kerja seperti apa yang kamu sukai ?

Ceritakanlah mengenai lingkup kerja yang bisa membuat kamu fokus dan nyaman dalam bekerja yang sesuai dengan budaya kerja perusahaan yang kamu lamar.

15. Apakah ada yang perlu ditanyakan ?

Diakhir sesi wawancara, interviewer akan menanyakan hal ini pada kamu, usahakan untuk memberikan pertanyaan yang memang belum dibahas selama wawancara agar tidak berulang – ulang. Ini juga mengindikasikan ketertarikan kamu terhadap perusahaan tersebut jika kamu memberikan pertanyaan.

Apakah hal – hal yang harus dihindari agar wawancara kamu berjalan lancar dan sukses ?

Dalam wawancara kerja, ada banyak hal yang harus diperhatikan agar wawancara yang kamu lakukan bisa sukses. Hal – hal berikut meliputi :

1. Kurang persiapan saat hendak wawancara

Hal ini akan membuat kamu kacau dan kikuk saat wawancara karna kamu kekurangan informasi dan mungkin akan menimbulkan kebingungan saat menjawab pertanyaan wawancara.

2. Berpakaian kurang pantas

Menggukana pakaian yang tidak nyama karena terlalu ketat atau terlalu pendek bahkan kelonggaran mungkin membuat kamu tidak percaya diri atau menjadi kurang fokus saat menjawab pertanyaan wawancara.

3. Kemampuan berbicara yang kurang baik

Jarang berlatih berbicara atau menjawab pertanyaan membuat kamu menjadi tidak artikulasi dalam menjawab suatu pertanyaan.

4. Jangan asal menjawab

Asal menjawab pertanyaan selama wawancara akan membuat kamu mendapatkan penilaian negative dari interviewer.

5. Perhatikan gerak tubuh dan bicara secukupnya

Hidari gerak tubuh negatif yang membuat kamu terlihat tidak professional atau bahkan memiliki negative manner.

6. Fakta tidak jelas       

Memberikan fakta tanpa contoh tindakan mungkin akan terdengar terlalu mengada – ada.

7. Menjelek – jelekan perusahaan lain

Hal ini akan membuat kamu mendapatkan penilaian negative dari interviewer terkait sikap dan tindakan kamu yang kurang terpuji.

8. Datang terlambat

Datang terlambat saat wawancara akan membuat merusak kesan pertamamu saat bertemu interviewer, kamu akan terkesan lalai dan tidak professional.

9. Terlalu percaya diri

Hal ini akan membuat kamu terlihat sombong dan angkuh.

10. Tidak mengajukan pertanyaan

Tidak memiliki pertanyaan saat sesi wawancara telah selesai bisa jadi menjadi hal negatif untukmu yang mungkin mengindikasikan bahwa kamu tidak tertarik dengan perusahaan tersebut.

Apa yang harus dipersiapkan sebelum wawancara kerja ?

Selain hal – hal yang harus dihindari diatas, ada banyak hal juga yang seharunya kamu persiapkan sebelum wawancara kerja. Hal -hal yang harus kamu siapakan adalah sebagai berikut :

  1. Persiapkanlah : Daftar riwayat hidup yang menarik, Portofolio dan Dokumen lain yang mungkin diperlukan untuk pemberkasan.
  2. Cari informasi yang valid terkait posisi dan perusahaan yang kamu lamar.
  3. Datang tepat waktu untuk buat kesan pertama yang baik.
  4. Berpenampilah rapi dan sopan.
  5. Gunakan body language yang positif dan sopan.
  6. Siapkan jawaban dari pertanyaan yang sering muncul.
  7. Siapkan pertanyaan yang ingin kamu tanyakan pada akhir sesi wawancara.
  8. Berikan kesan positif.

Positive dan negative body language yang harus kamu ketahui

1. Positive body language adalah sebagai berikut :

  • Berjabat tangan
  • Menjaga kontak mata dengan interviewer
  • Mengangguk saat menyimak wawancara
  • Gunakan gerakan tangan secukupnya
  • Duduk dengan tegak
  • Posisi kaki yang lurus
  • Jangan terlihat cemas

2. Negative body language adalah sebagai berikut :

  • Hindari tangan yang berkeringat untuk bersalaman
  • Hindari duduk bersandar dan membungkuk
  • Jangan menyembunyikan stress secara terus – menerus
  • Jangan mengalihkan pandangan terlalu sering
  • Jangan terlalu banyak tersenyum
  • Hindari memotong pembicaraan dan menunjuk
  • Menyilangkan tangan atau meletakkan tangan diatas meja
  • Menganggukan kepala terlalu berlebihan
  • Gelisah
  • Menaruh tangan dibelakang
  • Ekspresi yang tidak sesuai

Disamping hal -hal yang telah tertulis diatas, berikut ada beberapa hal yang juga harus di lakukan saat wawancara :

Mau belajar komputer di tempat terbaik? Klik di sini ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.