Haiii PalComster! Puput Indriani disini dan kita ketemu lagi di artikel bermanfaat bulan ini. Kalau bulan kemarin tema yang kita bahas soal desain grafis sekarang kita bahas soal Digital Drawing. Hayoo siapa nih diantara PalComster yang suka alias hobi banget ngegambar? Mulai yang dari hobi bikin doodle sederhana sampai dengan bikin project panjang kayak komik. Wih kalau ada yang suka berarti kita samaan dong yah. Puput juga suka gambar loh~

Nahh tapi, mungkin diantara PlaComster yang suka ngegambar ada nih yang masih bingung kira-kira aplikasi apa sih yang bagus buat bikin Gambar digital, atau mungkin masih ada yang belum paham gimana cara bikin gambar digital dan malah masih stay dengan cara manual alias gambar di media kertas. Nggak salah sih. Tapi kalau kita bisa upgrade skill juga di bidang digital kenapa ngga ya kan?

Jadi buat ngebantu kalian disini Puput bakal share aplikasi apa aja yang pernah Puput coba dan worth it juga kalian coba. Cuss langsung scroll ke bawah!

MediBang Paint

Di urutan pertama dan yang masih jadi favorite Puput adalah MediBang Paint. Aplikasi gratis yang mudah banget penggunaannya. Apa lagi kalo PalComster sudah pernah menggunkan aplikasi sekelas Adobe Photoshop sebelumnya. Pastinya ngga bakal kesulitan pas bikin gambar di MediBang Paint ini. Kenapa? Karena Posisi dan cara penggunaan fitur-fitur yang nyaris mirip di aplikasi ini yang membuat kita lumayan familiar walaupun di penggunaan pertama. Plus aplikasi ini juga menyediakan berbagai jenis kuas dengan bermacam kebutuhan gambar yang juga pastinya bisa di-custom dengan mudah.

Apalagi karena komunitas pengguna MediBang Paint ini lumayan besar jadinya banyak banget user-user lain yang membuat video tutorial terkait cara penggunaan ataupun tips menggambar menggunakan aplikasi gratis satu ini.

Ibis Paint

Next ada Ibis Paint. Aplikasi yang ngga kalah populer dari MediBang Paint. Aplikasi yang juga tersedia di platform android ini bisa jadi friendly banget buat kalian yang mau belajar atau bikin gambar digital tapi masih terhalang sama keterbatasan hardware yang tersedia. Walaupun kalian menggunakan aplikasi ini di android tapi kualitas serta fasilitas yang ditawarkan bisa dibilang lumayan bisa bersaing dangan aplikasi gambar lainnya. Jadi ngga ada alasan lagi yah buat ngga belajar gambar digital cuman gara-gara ngga ada laptop atau komputer.

Krita

Di Posisi ke 3 ada Krita. Aplikasi ini merupakan aplikasi menggambar di laptop/PC yang diandalkan untuk melukis secara profesional. PalComster bisa banget menggunakan aplikasi ini buat bikin gambar mulai dari sekedar ilustrasi sampai dengan karya panjang kayak komik webtoon. Siapa nih yang punya cita-cita pengen bikin komik gara-gara baca komik-komik kece di webtoon. Kalau ada kita samaan lagi nih. Hehe…

Oh! iya PalComster nilai plusnya lagi nih buat aplikasi ini, Krita didukung oleh fitur HDR painting loh serta CMYK, grid perspektif, dockers, fileter, dan painting asisten yang pastinya bakal ngebatu banget buat project digital drawing kalian. Tunggu apa lagi, cus masukin ke list kalian.

Nah jadi itu tadi Top 3 aplikasi gratis buat bikin gambar digital versi Puput. Mulai dari aplikasi yang bisa dipakai di android sampai dengan aplikasi buat pengguna Laptop ataupun PC semuanya Puput jamin nyaman banget buat dipakai. So tunggu apa lagi? Yukk belajar bikin Gambar Digital!

Semoga artikel kali ini juga bisa bermanfaat yahhh buat PalComster semuanya. Bagi kalian yang mau belajar tentang digital grafis dan digital drawing bisa klik di sini! Sampai ketemu lagi di artikel-artikel bermanfaat lainnya. Chao~

Author : Puput Indriani (LKP PalComTech Baturaja)

Leave a Reply

Your email address will not be published.