Jumat, 11 Februari 2022. Siswa-siswi LKP Palcomtech Prabumulih berkunjung ke tempat pengrajin limbah nanas atau pabrik limbah nanas yang beralamat di Jalan Simpang 4 Prabumulih.

Pabrik limbah nanas yang baru satu-satunya di provisi Sumatera Selatan ini sudah berdiri sejak tahun 2019. Wah ternyata bukan hanya buahnya saja ya yang bisa diolah atau dijadikan rupiah, tapi daunnya juga loh.

Daun nanas yang sudah tak terpakai oleh petani nanas tidak langsung dibuang, namun dimanfaatkan untuk diambil seratnya sebagai bahan dasar pembuatan benang untuk dijadikan kain.

Proses ekstraksi atau pembuatan serat daun nanas dilakukan dengan cara manual, daun nanas tua diambil, kemudian daun nanas dalam keadaan segar dikerok mengunakan mesin untuk menghasilkan serat, selanjutnya dicuci dan dijemur hingga kering.

Proses menjemur pun berlangsung 3-4 hari lamanya, dikarenakan harus dengan kondisi benar-benar kering dan tidak boleh lembab. Jika cuaca mendung atau hujan proses penjemuran dapat berlangsung sekitar 1 minggu. Wah harus sabar banget yah.

Kedatangan kami sangat disambut baik oleh pemilik usaha tersebut, ia pun tak sungkan menjelaskan dan memperlihatkan proses pembuatan benang, dan kebun nanas seluas 4 Hektar.

Tak lupa disaat waktu berkunjung telah selesai, kami mengabadikan momen ini dengan berfoto bersama. Semoga bisa berkunjung lagi ke tempat-tempat menariknya lagi ya teman-teman.

Oh iya, buat kalian yang ingin belajar komputer di tempat terbaik, klik di sini!

Leave a Reply

Your email address will not be published.