Semakin berkembangnya era digital semakin pesat, cyber security adalah tindakan perlindungan yang diperlukan bagi pengguna internet. Nah, kebetulan PalComTech telah melaksanakan webinar pada hari Sabtu, tanggal 12 Maret 2022. Tema webinar adalah “Tips & Trik Perlindungan di Media Sosial”. Tujuan webinar ini bertujuan untuk mendorong siswa agak paham cyber secuiry dalam menggunakan internet agak menjadi manusia yang kreatif dan positi. Ada beberapa hal dalam keamana informasi agar siswa tidak terkena hoax yaitu confidentally (kerahasiaan) – menjamin askses informasi yang berwenang dan bertanggug jawab, avalaibilty (ketersediaan) – menjamin data informasi dengan aman, dan integrity (integritas) – menjamin data tidak berubah, akurat, dan keutuhan informasi yang didapat. Pembicara webinar adalah Ferdiansyah, M.Kom.,CEH. Dia adalah relawan TIK Sumsel dan Cyber security activitist. Peserta webinar ini diperuntukkan untuk mahasiswa palcomtech dan umum.

Materi yang disampaikan tentang pengertian cyber security, mengupas tuntas randsomware, data privacy, SOC, security awareness, strategi keamanan serangan cyber dalam media sosial, dan aplikasi solusi ancaman cyber security.  Cyber security sangat digandrungi kaum milenial yang bisa kita pelajari dan membantu mencegah kejahatan di dunia cyber. Mari kita bahas yuk tentang cyber security secara detail. Let’s go!

Aplikasi dalam security

Aplikasi dalam security yaitu autensi, otorisasi, enkripsi, logging. Autensi adalah proses untuk mengecek kewenangan pengguna  dan aplikasi misal permintaaN username dan passowrd. Bentuk autentikasi yaitu, kode yang dikirim melalu ponse, kirim ke ponsel, sidik jari dan pengenalan wajah. Next, otorisasi adalah memberikan wewenang kepada pengguna tentangsiswa walupun jarak yang jauh . kemurbdian, enkripsi adalah suatu data yang bersifat sensitif yang dapat dibaca oleh kejahatan cyber. Logging adalah perekman informasi tentang siapa saja yang berusaha mengakses aplikasi tese tersebut. Terakhir, uji kemampuan aplikasi berbagai aplikasi.

Ancaman dalam dunia cyber yaitu

Hi, ternyata banyak juga ancaman cyber security yaitu; cyber crime, cyber attack, dan cyber terrorism. Cyber Crime adalah akses illegal yang memaniplasi data tertentu. Contohnya; ganguan dan mencari keuntungan finansial. Cyber attack adalah cyber yang menyasar kesiapa saja. Contoh; informasi tentang politik. Cyber terrosim mengacu pada ancaman provokasi yang bahaya dan membuat pengguna panik dan ketakutan pada skala besar.

Solusi dalam menghadapi cyber yaitu;

  1. Malware adalah ancaman yang merusak pada lampiran email dan unduhan yang nampak sah.
  2. Injeksi SQOL adalah jenis ancaman yang dapat merusak dari pusat data
  3. Phising adalah suatu bentuk penipuan yang dicirikan dengan percobaan untuk mendapatkan informasi yang sensitif, seperti kata sandi dan kartu kredit, dengan menyamar sebagai seseorang atau pebisnis tepercaya melalui komunikasi elektronik resmi, seperti surat elektronik atau pesan instan.
  4. Serangan man in the middle adalah ancaman penyadapan terjadi ketika seseorang menggunakan wifi.
  5. Serangan denial service adalah ancaman yang disebabkan karena jaringan dan server yang traffic

Wih, banyak banget ya ancaman dalam cyber crime, jadi takut?

Jangan khawatir saya juga akan memberikan solusinya yaitu dengan cara mengupdate perangkat lunak anda, gunakan antivius, menggunakan sandi yang kuat, dan juga harus lebih berhati-hati dengan email dari pengirim yang tidak dikenal oleh pengguna, dan terkahir hindari penggunaan wifi di tempat kamu, So, gimana infonya udah lengkap kan?

Berikut photo kegiatan webinarnya.

Buat kalian yang mau belajar ilmu komputer di tempat terbaik, klik di sini ya! Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.