Hai PalComTers. Bagaimana keadaan kalian ? Semoga kita semua selalu dalam lindungan-Nya. Kali ini Saya membawa sebuah artikel yang akan sangat membantu para PalComTers semua yang saat ini sedang dalam masa penyusunan laporan skripsi, laporan tugas akhir, laporan makalah, ataupun laporan tugas. Disini kita akan membahas bagaimana penggunaan citation yang nantinya akan kalian gunakan untuk penyusunan laporan. Apa itu Citation ? Berikut pembahasannya.

Citation digunakan untuk menyisipkan kutipan atau rujukan pada sebuah kalimat atau paragraf di sebuah dokumen. Di dalamnya kita bisa sisipkan sumber dari data yang kita kutip seperti judul buku, penerbit, pengarang, tahun terbit,  dan kota terbit. Tidak hanya kutipan yang kita ambil dari buku saja yang bisa kita sisipkan di citation tetapi kita juga bisa menyisipkan dari sumber yang berbeda, seperti jurnal, laporan lain, ataupun website.

Sekarang kita sudah mengetahui apa itu Citation, berikut adalah cara penggunaannya di Microsoft Word.

1. Setelah mengetik kalimat atau paragraf yang akan ditambahkan sumber atau rujukkannya, klik tab menu Reference, lalu pilih Insert Citation

2. Pilih Add New Source untuk menyisipkan sumber dari kutipan yang dibuat. Akan muncul kotak dialog seperti berikut

3. Dalam hal ini, karena kutipan di ambil dari sumber buku, maka Type of Source yang di pilih adalah Book. Setelah itu kita akan atur :

  • Author : Penulis Buku 
  • Title : Judul Buku
  • Year : Tahun Terbit Buku
  • City : Kota Terbit Buku
  • Publisher : Penerbit

Lalu klik tombol OK.

4. Hasilnya akan tampil seperti berikut

5. Dalam hal ini kita sudah berhasil menggunakan Citation untuk membuat sebuah rujukan atau kutipan dari sebuah buku.

Berikut penggunaan Citation untuk kutipan dari sebuah jurnal.

1. Klik tab menu Reference, pilih Insert Citation, klik Add New Source, pada Type of Source pilih Journal Article.

2. Kemudian masukkan informasi mengenai jurnal yang digunakan sebagai sumber.

  • Author : Penulis Jurnal
  • Title : Judul Jurnal
  • Journal Name : Nama Jurnal
  • Year : Tahun Jurnal
  • Page : Halaman Jurnal yang digunakan untuk sumber

Lalu klik tombol OK. Maka hasilnya akan seperti berikut :

Apabila kita akan menggunakan sumber dari buku atau jurnal yang sama, kita hanya perlu mengklik Insert Citation lalu memilih salah satu sumber yang sudah kita masukkan sebelumnya.

Di sini sudah tersimpan sumber rujukan Citation yang sudah dibuat sebelumnya, sehingga kita tidak perlu menyisipkannya dari awal.

Nah, sampai disini kita sudah bisa menggunakan Citation dari dua sumber yang berbeda yaitu buku dan jurnal. Baiklah, itu tadi cara penggunaan Citation pada Microsoft Word. Selamat mencoba semua. Buat kalian yang mau kuliah komputer di tempat terbaik di Palembang, Klik di sini!

Salam Semangat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.