Hai Palcomster. 
Kita tentunya sudah tidak asing lagi dengan fungsi autofill di Microsoft Excel yang sering kali kita gunakan untuk membuat data penomoran secara otomatis. Fungsi autofill adalah fitur pada Microsoft office excel yang digunakan untuk mengisi data secara otomatis berdasarkan pola tertentu. Adapun pola-pola yang disediakan Microsoft excel secara default yaitu angka, jam, tanggal, hari, bulan, tahun, bahkan formula (rumus).

Nah, bagaimana jika kita ingin membuat list atau pola sendiri seperti huruf A-Z ,daftar bulan hijriyah dan daftar-daftar custom lainya? Hal ini tentu tidak disediakan secara default oleh Microsoft Excel. Untuk itu pada tutorial kali ini kita akan membahas cara membuat custom list tersebut.

Berikut langkah-langkah nya :
1. Buka menu option dengan cara klik file, lalu pilih option atau gunakan shortcut ctrl+O

2. Klik menu advanced, kemudian cari menu general dan klik edit custom lists

3. Selanjutnya klik add untuk menambahkan list baru yang akan kita buat

4. Sekarang tinggal kita isi daftar yang ingin dimasukkan. Sebagai contoh di sini kita buat daftar bulan Hijriyah mulai dari Muharram hingga Dzulhijah.

5. Daftar bulan Hijriyah pun selesai dibuat. Untuk mencobanya kita cukup ketik salah satu bulan Hijriyah tersebut lalu lakukan fungsi autofill dan lihat hasilnya!

Untuk lebih jelasnya silakan tonton video berikut ini!

Buat kamu yang mau belajar lebih banyak materi Microsoft Office Excel bisa klik di sini!

Leave a Reply

Your email address will not be published.