Hai PalComTers. Di artikel kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat audio dengan efek 8D. Tapi sebelumnya kita akan membahas apa itu 3D audio dan 8D audio. 3D Audio adalah sebuah efek suara yang memanipulasi hasil suara yang dikeluarkan oleh speaker stereo atau headphone yang melibatkan penempatan sumber virtual suara tidak hanya dari kiri dan kanan tetapi dari ruang tiga dimensi sekaligus termasuk di atas, di bawah dan di belakang pendengarnya. Untuk efek 8D sendiri akan memberikan kita efek seperti lagu yang sedang di putar-putar di atas kepala kita atau berada kurang lebih satu atau dua meter dari kita. Untuk merasakan efek 3D Audio ini pendengar disarankan untuk menggunakan earphone, headphone atau headset agar pengalaman efeknya lebih terasa.

Lalu apa itu Adobe Audition? Adobe Audition atau sebelumnya dikenal dengan Cool Edit Pro adalah salah satu aplikasi atau software yang digunakan untuk merekam, mengedit audio atau suara, memperbaiki kualitas suara, menambahkan efek dan menggabungkan beberapa file suara dalam bentuk digital. Hasil penyimpanan dari audio yang di-edit dapat pula di-eksport ke format file mp3, wma, mp3pro dan banyak lainnya.

Berikut ini adalah tutorial pembuatan audio 8D dengan Adobe Audition :

1. Buka aplikasi Adobe Audition CS6

2. Lalu klik menu File dan pilih Open untuk menyisipkan file audio yang akan di edit.

3. Buka direktori penyimpanan audio yang akan disisipkan. Pilih audionya kemudian klik Open. Disini saya menggunakan lagu Alan Walker – Faded.

4. Hasil tampilannya akan seperti berikut

5. Lalu klik menu Effect, pilih Special, kemudian pilih Doppler Shifter.

6. Lalu kita akan mengatur efeknya. Ada beberapa pengaturan yang akan kita atur yaitu sebagai berikut :

  • Radius : 64 m
  • Velocity : 97 m/s
  • Starting Angel : 270
  • Center in Front by : 0 m
  • Center in Right by : 0 m
  • Adjust Volume based on : Distance & Direction
  • Quality : Very Good

7. Kemudian klik OK. Nah, dari sini kita sudah berhasil meng-edit lagu tadi dengan efek 8D. Namun, suara yang dihasilkan sedikit keras. Tapi tenang, kita bisa meng-edit-nya lagi untuk mendapatkan hasil yang lebih halus.

8. Klik menu Effect lalu pilih Reverb. Klik Studio Reverb.

9. Pada bagian Preset pilih Room Ambience 1. Kalian bisa memainkan audionya terlebih dahulu untuk mengetahui hasilnya dengan cara meng-klik tombol Play. Apabila belum sesuai kalian bisa mengganti Preset-nya menjadi Room Ambience 2. Apabila sudah sesuai dengan kebutuhanmu lalu klik Apply.

10. Untuk menyimpan file klik menu File lalu pilih Save As. Kemudian pilih direktori penyimpanan. Klik OK.

11. Untuk meng-eksport file kita bisa mengklik menu File kemudian pilih Export. Klik File atau bisa gunakan shortcut (CTRL+SHIFT+E).

12. Ganti nama file di File Name. Pilih direktori penyimpanan di Location. Kemudian kita bisa mengganti format audio sesuai kebutuhan di Format lalu Klik OK.

13. Kalian bisa menikmati lagu dengan efek 8D yang telah di-edit.

Itu tadi tutorial membuat Audio 8D menggunakan Adobe Audition CS6. Mudah bukan? Ayo coba mulai praktekkan ya! Selamat mencoba semua.

Mau kuliah komputer di tempat terbaik di Palembang? Klik di sini!

Leave a Reply

Your email address will not be published.