JURUSAN INFORMATIKA

Kebutuhan tenaga kerja di sektor Information Technology (IT) atau Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) diproyeksikan bakal terus meningkat hingga tahun 2025.

Menurut laporan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker), pada tahun 2021 jumlah tenaga kerja di sektor TIK nasional baru sekitar 1 juta orang. Kemudian kebutuhannya diperkirakan akan bertambah tiap tahun, hingga mencapai 1,97 juta orang pada tahun 2025.

Program Studi Informatika berkonsentrasi dalam menghasilkan sarjana yang menguasai rekayasa perangkat lunak (software engineer), jaringan komputer (computer networking), grafika komputer (computer graphics), multimedia kreatif (creative multimedia) serta kecerdasan buatan (artificial intelligence).

PROSPEK KERJA

Ada banyak sekali pilihan karier yang dapat dijajal oleh seorang fresh graduate dari jurusan Teknik Informatika. Jenis dan jenjang kariernya juga cukup bervariasi. Secara umum, rata-rata gaji awal lulusan Informatika berada pada kisaran Rp5.000.000 keatas, sebagai staf ahli divisi IT di suatu perusahaan.

TESTIMONI ALUMNI