Hai Palcomster, di artikel kali ini kita akan membahas mengenai 5 bahasa pemrograman terpopuler di Indonesia. Bahasa pemrograman adalah kumpulan sintaks yang mempunyai fungsi untuk memberikan perintah perangkat lunak pada komputer. Secara singkat, bahasa ini digunakan untuk membuat program atau aplikasi komputer dengan menggunakan aturan logika komputer.

Perkembangan era teknologi saat ini mulai banyak orang yang mempelajari berbagai jenis bahasa pemrograman. Tujuannya adalah untuk membuat berbagai website, aplikasi, atau produk digital lainnya. Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas 5 bahasa pemrograman terpopuler di Indonesia.

1. PHP

Bahasa pemrograman PHP dikembangkan pada tahun 1994. PHP sendiri menjadi bahasa komputer yang populer untuk mengembangkan website. Banyak sekali website besar menggunakan bahasa ini sebagai salah satu komponennya. Salah satu contohnya Content Management System (CMS) seperti WordPress dan Joomla dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman dasar PHP. Facebook dan Wikipedia juga menjadi salah satu penggunanya.

PHP adalah salah satu bahasa script yang tidak melakukan sebuah kompilasi dalam penggunaannya. Ada banyak Web Server yang mendukung PHP yang dapat ditemukan dimana–mana mulai dari Apache, IIS, Lighttpd, hingga Xitami dengan konfigurasi yang relatif mudah.

2. Python

Python adalah salah satu bahasa pemrograman yang banyak digunakan oleh perusahaan besar dalam pengembangannya contohnya seperti NASA, Instragam, Google, Yahoo, Reddit, dan juga salah satu situs streaming video terpopuler YouTube. Jika dikategorikan dalam tingkatan bahasa komputer, Pyhton merupakan tergolong dalam bahasa pemrograman tingkat tinggi. Sama seperti Java, Bahasa pemrograman Phyton bisa untuk membangun aplikasi dari website ataupun mobile.

3. Java

Java dikembangkan pada tahun 1991. Sejak 23 Mei 1995 dirilis, bahasa pemrograman Java langsung naik dan menjadi salah satu bahasa pemrograman favorit. Bahasa pemrograman Java memberikan nuansa baru dalam perkembangan teknologi informasi. Apalagi pada saat itu Sun memberikan source code Java secara gratis melalui internet. Kekuatan open source ini membuat Java mudah berkembang dan banyak dikenal oleh pengembang. Oleh karena itu Java merupakan salah satu bahasa pemrograman yang wajib dikuasai.

4. Ruby

Yukihiro merupakan programmer berkebangsaan Jepang yang membuat bahasa komputer Ruby. Pada tahun 1993 Yukihiro ingin membuat sebuah bahasa scripting yang mempunyai kemampuan berorientasi objek. Pada saat itu Bahasa pemrograman berorientasi objek sedang berkembang namun belum ada bahasa pemrograman scripting yang mendukung pemrograman berorientasi objek.

Bahasa pemrograman Ruby mempunyai struktur sintaks yang sangat sederhana sehingga banyak pengembang website menggunakan bahasa pemrograman ini.

5. JavaScript

Sejarah bahasa pemrograman JavaScript dimulai sekitar tahun 1994 ketika internet dan website sedang mengalami perkembangan yang sangat pesat. Website pada saat itu kebanyakan hanya dibuat menggunakan bahasa pemograman PERL yang pemrosesannya hanya bisa dilakukan di sisi web server.

Javascript menempati urutan ketiga dengan persentase pencarian 8.2%. Fungsi Javascript termasuk istimewa dikarenakan Javascript mampu mengembangkan website yang menarik dan interaktif. Maka banyak sekali saat ini website yang menggunakan bahasa pemrograman Javascript pada kode program di dalamnya. ini dikarenakan Javascript pada awalnya memang dikembangkan dengan tujuan untuk membuat sebuah website.

Itu lah tadi 5 bahasa pemrograman terpopuler di Indonesia. Mudah-mudahan dengan membaca artikel di atas dapat memacu semangat kalian untuk belajar bahasa pemrograman. Buat kalian yang ingin belajar bahasa pemrograman bisa klik di sini!

Leave a Reply

Your email address will not be published.