Menjalankan Perintah Command dengan BATCH COMMAND (Ekstensi BAT File)

Yo, sobat PalComTech. Apa kabar semuanya? Semoga semua masih sehat dan siap untuk menghadapi aktivitas sehari-hari ya. Hari ini saya mau berbagi ilmu pada sobat semua mengenai bagaimana cara menjalankan Perintah Command dengan cara BATCH COMMAND file alias menggunakan file ekstesi BAT (*.BAT).

Ngomong-ngomong tentang BATCH COMMAND yang akan saya bahas kali ini, sebenarnya adalah cara pintas agar menggunakan Perintah Command tidak lagi dengan cara mengetik lagi perintah pada program Command Prompt, tapi diganti dengan Shortcut yang sudah disiapkan sebelumnya dan tinggal menjalankannya seperti memulai program dengan Shortcut Windows yang ada pada tampilan Desktop umumnya.

Baiklah tanpa basa basi yang sudah basi mari kita mulai bagaimana cara membuat file BATCH COMMAND.

1. Buka Program Notepad. (Alternatif : Tekan “Windows Key” + R, lalu ketik pada form Run “notepad”).

2. Lalu ketikkan perintah Command yang biasa digunakan untuk penggunaan yang sering dilakukan pada Notepad. Misalkan seperti salah satu daftar perintah dibawah ini :

  • ping google.com –t (check koneksi ke situs google).
  • msc (membuka list services pada windows).
  • shutdown –s –t 60 (untuk mematikan computer dalam waktu 1 menit).

3. Setelah selesai mengetikkan perintah/Command pada Notepad, simpan file notepad dengan melakukan save dan beri nama dengan ekstensi *.BAT. Contoh file ini saya akan simpan dengan nama “services.bat”

4. Hasil akhir dari menyimpan file sebelumnya akan terlihat seperti ini.

5. Dari file ini lah kita bisa menjalankan Command tanpa harus repot-repot lagi mengetikkan perintah kembali pada Command Prompt di Windows. Yang perlu dilakukan adalah melakukan Klik dua kali pada file BAT yang dibuat seperti menjalankan program dengan ShortCut pada Windows.

Nah, Demikianlah tutorial Menjalankan Perintah Command dengan BATCH COMMAND. Semoga tutorial ini bisa bermanfaat dalam aktivitas komputer anda. Sampai jumpa di artikel saya berikutnya, See ya.

Buat kalian yang mau belajar komputer di tempat terbaik, klik di sini ya!

Author : Terry Irawan (Instruktur LKP PalComTech Palembang)

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like these